Resep dan Cara Membuat Pho Bo Mie Kuah Vietnam Halal

Resep dan Cara Membuat Pho Bo Mie Kuah Vietnam Halal
PHO BO MIE KUAH VIETNAM



Apakah kamu pencinta mie kuah Vietnam seperti Bakmi Pho atau Pho Bo Mie? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan masakan yang mudah di dapat dan rasanya di jamin persis sama dengan Mie kuah Vietnam di Restoran. Membuat sendiri di rumah, di jamin lebih menjangkau kantong dan lebih aman karena tanpa menggunakan penyedap rasa.

Mie kuah Vietnam ini cocok sekali di makan ketika hujan dingin, dengan kuah yang banyak dan enak menghangatkan badan.  Kita bisa memilih apakah ingin memakai bihun, mie atau bahkan mie lebar (seperti kwetiau). Enaknya lagi, kuah Pho Vietnam ini semakin lama semakin enak rasanya (namun jangan lebih dari 1 minggu) dan sebaiknya di simpan di dalam kulkas.

Resep dan Cara Membuat Pho Bo Mie Kuah Vietnam Halal
MIE KUAH VIETNAM



RESEP PHO MIE KUAH VIETNAM RUMAHAN

  •  300-400 daging Sapi yang di iris halus (atau yang sudah di potong halus tipis, banyak di jual di Supermarket).
  • 1-2 tulang sapi bagian kaki (jika tidak ada tidak apa)
  • 1 butir Bawang Bombay (menyebabkan kuah kaldu gurih tanpa penyedap rasa! Percaya deh)
  • 2 buah Star Anise/Pekak (dapat di beli di Pasar)
  • 3 buah Cengkeh
  • 4-5 batang daun Ketumbar lengkap dengan tangkainya
  • 2-3 sdm kecap Ikan
  • 1/2-1 buah Wortel ukuran sedang (membuat kuah sedikit terasa manis alami)
  • 1 sdm kecap Asin (saya pakai merk Kikkoman yang soy sauce)
  • Garam dan Lada secukupnya

CARA MEMASAK MIE KUAH VIETNAM

Resep dan Cara Membuat Pho Bo Mie Kuah Vietnam Halal
PHO BO VIETNAM


Air di didihkan hingga meletup-letup jangan cuma 1/2 mendidih karena jika belum mendidih dan daging di masukkan, kuah kaldu akan menjadi butek. Setelah mendidih, masukkan potongan daging dan tulang sapi, juga bawang Bombay dan sedikit garam. Masukkan semua bahan lainnya yang di tulis di atas.  Terus perhatikan air godokan dan jangan tutup panci serta jangan di tinggal karena sewaktu-waktu air dapat meluap keluar dari panci.

Setelah 10 menit dan terlihat daging sudah berubah warna, kecilkan api dan tutup panci.  Namun air masih meletup-letup sedikit. Api jangan langsung dratis kecil hingga tidak ada lagi letupan, tapi usahakan ada sedikit letupan kecil. Pada proses ini, panci dapat di tutup.

Agar daging cepat lembut dan kuah cepat menjadi kaldu daging. Kaldu daging di godok dengan api kecil hingga daging terasa lembut (tusuk dengan garpu).  Jika selama proses penggodokan air godokan berkurang, tambahkan dengan air panas.  Jangan air dingin, karena akan membuat daging menjadi mengkerut dan keras.




Selama menunggu, didihkan air di panci terpisah untuk Bihun/Mie/Kwetiau (terserah).  Jika menggunakan bihun, cukup di siram saja dengan air panas/ diseduh.  Untuk mie, dapat di didihkan bersama air selama 1 menit lalu angkat, dan tiriskan air serta bilas dengan air dingin sehingga mie terasa kenyal dan tidak hancur. Hal yang sama dapat juga untuk Kwetiau.

Siangi Tauge (jika menggunakan Tauge), berikut daun Ketumbar atau Thai Basil. Dapat juga di tambahkan telur sehingga seperti Ramen.  Jika kuah kaldu sudah jadi, semua bahan dapat di saring sehingga yang tertinggal hanyalah daging dan kuah saja. Sedangkan bahan pembuat lainnya bisa di buang.  Kuah Kaldu dapat di simpan di kulkas selama 1 minggu (maksimal) dan makin lama rasanya makin enak. Selamat menikmati..:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel