Cara Membuat Bolu Lembut Mengembang Anti Bantat

Cara Membuat Bolu Lembut Mengembang Anti Bantat
KUE BOLU LEMBUT



Membuat Kue atau Cake tapi bantet atau bantat? Rasanya kesal campur kecewa. Kue bantat atau bantet adalah kue yang tidak mekar, padat, keras jika di potong.  Rasanya buat menimpuk juga bisa, hahaha. Bikin kue dan bantat terkadang membuat frustasi apalagi jika sudah di coba berkali-kali namun hasilnya tetap bantat atau tidak mekar.  Namun jangan putus asa dulu, ada beberapa tips agar kue tidak bantat.


TIPS MEMBUAT KUE AGAR TIDAK BANTAT

  • Sebelum di mixer, tepung terigu harus di ayak. Gunanya, agar memberi "napas" pada tepung terigu dan teksturnya menjadi lebih ringan. 
  • Setelah tepung terigu dan bahan lain (gula, garam, baking powder atau baking soda) di campur (namun belum di mixer), sebaiknya di whisk atau di aduk dengan whisk. Gunanya agar tepung terigu, gula dan terutama baking powder dan baking soda jadi tercampur rata tidak mengumpul di satu bagian.
  • Mentega : jika pada resep Mentega harus di cairkan, jangan di cairkan terlalu panas hingga mendidih. Namun asal cair saja.
  • Telur yang di gunakan harus telur suhu ruang.  Jangan telur yang langsung di keluarkan dari kulkas/lemari pendingin. Jika telur sebelumnya di taruh di kulkas, diamkan di suhu ruang setidaknya 1-2 hari.  Jika Anda terburu-buru ingin memakai telur dan lupa di keluarkan dari kulkas, telur dapat di rendam di dalam air hangat kuku (bukan panas) setidaknya 1/2 hingga 1 jam.
  • Jangan masukkan bahan sekaligus di campur dan di mixer. Melainkan satu persatu.  Biasanya, telur dan gula dulu di mixer hingga mengembang. Baru masukkan bahan lainnya.  JIka resep memakai metode gula dan mentega duluan yang di mixer, maka masukkan telur satu persatu.  Telur di masukkan satu dulu dan termixer dengan sempurna baru masukkan telur berikutnya.  Jangan sekaligus.
  • Untuk Bolu yang bertekstur agar kasar, telur jangan terlalu di mixer/over-mix. 
  • Mencampur terigu dengan spatula secara perlahan bukan di mixer.  Sedangkan Bolu yang bertekstur halus seperti bolu gulung atau lapir Surabaya, telur di mixer hingga halus mengembang dan adonan terigu di masukkan juga di mixer hingga halus mengembang.
Cara Membuat Bolu Lembut Mengembang Anti Bantat
ADONAN KUE BOLU

  • Jika menggunakan garam, masukkan garam pada bagian akhir karena garam bermusuhan dengan ragi, baking powder, juga baking soda.
  • Untuk kue yang bertekstur lubang seperti Martabak, masukkan Baking Soda 1 jam terakhir sebelum di panggang.  Baking Soda sebaiknya di campur dengan 1 sendok air hangat sehingga lebih berlubang/membuat adonan lebih berongga.
  • Bolu yang bantet dapat di manfaatkan dengan membuat Agar-agar Bolu.

Selamat membuat kue! :) Semoga tidak bantat/bantet lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel