Resep Cara Membuat Burger Rumahan Cita Rasa Restoran Mudah dan Praktis

Resep Cara Membuat Burger Rumahan Cita Rasa Restoran Mudah dan Praktis
BURGER



Resep burger rumahan ini saya baru coba tapi rasanya enak dan persis seperti Hamburger sekelas "Works Burger" restoran di Kanada sini :) bukan promosi. Cara membuat Burger tidak sulit dan cocok untuk di jadikan ide membuka bisnis burger mini, ataupun untuk makan si kecil jika susah makan atau jika kita sedang bosan makan nasi.

Di samping itu, membuat burger sendiri, mengurangi rasa "dosa" karena burger buatan sendiri dagingnya bisa dipilih yang bagus kualitas AA, bentuk dan rasa serta ketebalan daging, juga sayurannya (Lettuce dan Tomat) juga jenis roti yang di gunakan.  Burger ini di jamin enak apalagi jika menggunakan topping/sauce yang bisa kita pilih, misalnya sauce untuk Steak, ataupun grilled. Burger yang saya buat kali ini menggunakan daging kualitas AA yang lean/tanpa lemak, Selada air, Tomat dan roti Multi Grain/gandum. Saya tidak menggunakan mustard ataupun Mayonaise.  Untuk kentangnya, saya gunakan kentang panggang jenis kentang kecil (mini potatoes), bukan French Fries/kentang goreng.


RESEP BURGER RUMAHAN

  • Daging giling 500 gr (sesuai selera. Untuk burger yang saya gunakan ini saya tipe tipe AA yang lean/rendah lemak).  Namun, untuk rasa burger yang lebih "nendang", juicy (empuk dan lunak), sebaiknya pilih daging yang justru memakai lemak.  Karena lemak daging akan membuat daging lebih juicy dan tidak keras/kering.
  •  1 buah Bawang Bombay ukuran besar dan di blender (tanpa air). 
  • Garam, Lada sesuai selera
  • 2 cup tepung roti (untuk menambah massa dan bentukan burger namun tidak membuat keras dibandingkan sagu atau terigu)
  • 2 butir telur
  • Lettuce/Selada, Tomat dan Ketimun (sesuai selera)
  • Mayonaise atau mustard (sesuai selera)

Resep Cara Membuat Burger Rumahan Cita Rasa Restoran Mudah dan Praktis
BURGER RUMAHAN


Semua bahan di atas di gabung dan di aduk jadi satu. Usahakan dagingnya halus. Jika tidak memiliki food processor, semua bahan di atas bisa di blender atau di taruh di wadah dan diuleni dengan tangan (pakai sarung tangan plastik), hingga tercampur rata dan halus.  Jika ingin sedikit bereksperimen, dapat di tambahkan keju parmesan/keju parut.  Jika adonan terlalu "encer" karena telur yang besar, tambahkan tepung rotinya.  Jangan tambahkan tepung (apapun juga).  

Bulatkan daging dan gepengkan berbentuk burger. Lalu panggang 160C hingga matang, sekitar 20 menit. Setelah matang, olesi dengan sauce kesukaan Anda.  Saya pilih Blaze dari Kikkoman. rasanya paling pas dan wanginya paling harum. Lalu "keringkan" di atas wajan tahan panas sebentar hingga daging terselimuti sauce tersebut.  Susun Burger dengan Lettuce dan Tomat atau Ketimun kesukaan Anda.  Selamat makan Burger! :)


  • Jika tidak memiliki Oven/panggangan, dapat dipakai cara 1: daging di kukus terlebih dahulu (setelah di gepengkan), lalu di keringkan di wajan tahan panas seperti cara di atas. Atau cara ke-2 : daging di gepengkan, lalu di taruh di wajan anti panas, beri air 1/2 cm dan minyak 2 sdm. Tutup wajan dan daging di masak dengan api kecil.  Cara ini seperti cara "steam uap" dengan menggunakan minyak.  Namun, daging jangan tebal2 karena takut tidak matang.  Juga, jangan lupa, daging di "keringkan" lagi dengan cara di atas (dengan wajan anti panas dan dilumuri sauce).
Resep Cara Membuat Burger Rumahan Cita Rasa Restoran Mudah dan Praktis
SAUS BURGER



Jika terkena panas, daging akan sedikit mengecil dan naik ke atas (menggembung), sehingga pastikan lebar Burger sesuai selera Anda. Jangan sampai terlalu kecil sehingga ketika menyusut, Burger akan semakin kecil dan melengkung ke atas. Selamat Makan Burger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel