Resep Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Enak Spesial

Apakah anda tahu dengan masakan ayam bumbu bali ? tentunya bagi masyarakat luas salah satu masakan nusantara yang enak ini sudah tak asing lagi di lidah . masakan nusantara yang berbahan dasar ayam ini memang sangat enak . dimasak dengan rempah-rempah alami sehingga menciptakan wangi yang khas dan sangat baik bagi tubuh .

Resep Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Enak Spesial
AYAM BUMBU BALI


Tentunya banyak cara dalam megggolah ayam , ayam bisa di masak dengan digoreng , di buat fried chiken , ayam cah jamur , ayam mentega dan berbagai masakan rumahan lainnya . masakan yang terbuat dari ayam memang tak akan pernah ada bosan nya kita nikmati . karena sangat enak dan sangat nikmat sebagai teman nasi . untuk menghadirkan masakan yang terbuat dari ayam pun cukup ekonomis .

Tidak seperti pada saat kita membeli lauk lainnya , seperti daging sapi , cumi-cumi , udang dan lainnya yang memiliki harga lebih mahal dari pada ayam . saya yakin tidak ada atau jarang yang alergi akan masakan yang terbuat dari ayam . terbukti saya tidak pernah mendengar kasus alergi yang datang setelah memakan masakan yang terbuat dari ayam . tidak seperti cumi-cumi , udang dan masakan seafood lainnya . yang sering dihindari oleh orang yang mempunyai alergi seafood .

Dalam mendapatkan ayam juga sangat mudah , anda dapat membeli di pedagang ayam potong di pasar tradisional didekat rumah anda atau di tempat belanja lainnya seperti swalayan . disana terdapat ayam-ayam segar yang siap anda olah sebagai masakan anda dirumah . tetapi anda harus tetap hati-hati dalam memilih ayam . anda harus dapat membedakan antara ayam yang segar dan ayam yang tidak segar seperti tiren . karena sekarang banyak pedagang ayam potong yang curang , yang kadang mencampur ayam segar dengan ayam tiren .

Nah untuk anda yang ingin membuat ayam bumbu bali tapi tidak tahu caranya . anda benar banget membuka resep ini . karena dalam resep ini saya akan berbagi dari bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat ayam bumbu bali dengan tepat . untuk lebih jelsnya silahkan lihat bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini .


Resep Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Spesial

Resep Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Enak Spesial
RESEP AYAM BUMBU BALI


Bahan-bahan Ayam Bumbu Bali Enak :

  • Ayam potong satu ekor dipotong menjadi 12 bagian
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk purut 2 lembar
  • Lengkuas 1 cm memarkan 
  • Tomat 2 buah (di potong kecil)
  • Kecap manis 2 sendok makan 

Bumbu Halus Ayam Bumbu Bali Enak :

  • Bawang merah 8 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Jahe 2 cm
  • Cabai merah 10 buah 
  • Kaldu blok 1 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Kemiri 3 butir utuh sangrai 


Resep Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Asli Enak Spesial
AYAM BETUTU KHAS BALI


Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Enak :

  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis pada ayam . Diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian goreng hingga matang dan sisihkan .
  2. Kemudian tumis bumbu halus hingga wangi , lalu masukan lengkuas , daun jeruk purut , kecap manis , salam dan tomat aduk-aduk hingga rata .
  3. Setelah itu masukan ayam goreng , aduk hingga rata lalu beri sedikit air . masak hingga bumbu meresap ke ayam . 
  4. Angkat dan letakan ayam goreng bumbu bali yang enak dipiring saji .
Dan hasilnya makyusssssssss banget deh , cara membuatnya juga sangat mudah dan sangat praktis . ayam bumbu bali cocok banget untuk disajikan di meja makan rumah anda . dalam menikmati masakan ayam bumbu bali sangat enak jika di tambahin lalapan seperti timun , kol dan kemangi agar rasanya lebih makyusssss . saya yakin keluarga anda sangat menyukai masakan ayam bumbu bali ini .

Apa lagi dibuat sendiri dirumah , yang memakai resep kasih sayang jadi hasilnya pun bakal super enak deh . yaa itung-itung buat jampi-jampi sang suami dan keluarga anda dirumah biar tambah disayang.

NB : Bila ayam dipanggang , letakan ayam ke dalam panggangan lalu siram dengan bumbu hingga wangi lalu angkat . 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel